Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

Modul 1.2

Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pada kesempatan ini, saya Siti Munawaroh, S.Pd.I, Calon Guru Penggerak dari SD 1 Kaliyoso Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah akan menulis satu tulisan mengenai jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Jurnal dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Dan ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak) untuk membuatnya.

Jadi, kali ini saya akan menulis mengenai refleksi saya mengenai kegiatan-kegiatan pelatihan yang sudah kami lalui, khususnya pada modul 1.2 tentang Nilai dan peran guru .Kegiatan pembelajaran modul 1.2 telah selesai saya ikuti, ada banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F yaitu :

1. Fact (Peristiwa)

2. Feeling (Perasaan)

3. Findings (Pembelajaran)

4. Future (Penerapan)

yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P ( a. Peristiwa; b. Perasaan; c. Pembelajaran; dan d. Penerapan.

a. Facts (Peristiwa)

Pada minggu kedua bulan november, tepatnya mulai tanggal 7 november 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep manusia tergerak, lalu bagian B tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia.

Di tanggal 8 dan 9 November 2022, saya dan teman-teman mengeksplor kegiatan di LMS yang dimulai dengan melakukan refleksi 1.2.a.3 di alur Mulai dari diri. Pada kegiatan ini, peserta membuat tugas trapesium usia dan refleksinya, menyatakan nilai dan peran guru penggerak. Link nya : https://youtu.be/RCyLt0-e9k0

Lalu mempelajari modul dan berdiskusi secara tertulis 1.2.a.4 di alur eksplorasi konsep. Pada kegiatan ini peserta belajar mandiri. Ada 22 halaman yang harus dipahami dan dikerjakan. Di setiap halaman CGP wajib menuliskan tanggapan terhadap isi materi dan saling mengomentari pendapat dari CGP lain. Ternyata materi modul 1.2 ini lumayan banyak dan membutuhkan waktu lebih untuk mempelajarinya dibandingkan modul 1.1.

Setelah mempelajari materi dan berdiskusi di alur eksplorasi konsep, saya dan teman-teman melanjutkan kegiatan diskusi 1.2.a.5 di ruang kolaborasi  tepatnya yaitu tanggal 14 november 2022. Pada pertemuan ini, kami dibagi menjadi 3 kelompok dan saya berada dikelompok 2 bersama Pak Edy Susanto, pak Khoiru Nawawi dan Ibu Ellyana H. Di dalam kelompok ini, kami diminta membuat karya yang berisi gambaran singkat yang berbasis kekuatan nilai lalu merancang satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran GP yang kelompok pilih. Dan pada diskusi ini kelompok kami sepakat memilih Berpihak pada Murid. Kegiatan yang dilakukan yaitu presentasi tiap kelompok, tanya jawab, penguatan oleh fasilitator dan kemudian dilanjutkan dengan menulis surat apresiasi untuk rekan CGP.



Kemudian melakukan 1.2.a.6 tentang demonstrasi kontekstual. Kegiatan ini dilakukan secara mandiri. Untuk tugas ini saya membuat sebuah video sederhana yang saya unggah ke youtobe. Linknya: https://youtu.be/bFVtfPZglAg

Pada hari Rabu, tanggal 16 November 2022 pengajar praktik saya melakukan pendampingan individual di SD Kaliyoso. Melalui pendampingan individu pertama ini dilakukan refleksi dan berdiskusi mengenai penerapan dan perubahan sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, Membuat kerangka portofolio. Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi sebagai guru penggerak.






Kegiatan di modul 1.2 ini diakhiri dengan kegiatan diskusi virtual di ruang Elaborasi pemahaman bersama instruktur nasional yaitu Ibu Afriyani, S.Pd. Pemaparan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas dan rinci. Dalam kegiatan elaborasi dan pemahaman koneksi antar materi dibahas tentang tahap tumbuh kembang anak, cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, mewujudkan profil pelajar Pancasila, dan lain sebagainya, sehingga saya pribadi semkin lebih memahami tentang materi modul 1.2 mendapatkan banyak pencerahan dari pertemuan virtual ini.

Tugas 1.2.a.8 Koneksi Antar materi modul 1.1 dan 1.2 link nya :

https://youtu.be/QVbmktECGzc



b. Feelings( Perasaan )

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini, yang saya rasakan yaitu tumbuh kesadaran dari dalam diri dimana hati saya mulai tergerak dan merasa senang bersemangat untuk melakukan perubahan pada diri saya sendiri terlebih dahulu. Saya ingin memperbaiki hal-hal yang kurang baik selama ini, lalu berusaha menumbuhkan nilai dan peran yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak. Setelah saya tergerak, selanjutnya saya ingin menggerakkan rekan-rekan guru di sekolah sehingga bisa bergerak bersama mewujudkan peserta didik yang berkarakter profil belajar Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik.

c. Findings (Pembelajaran)

Banyak pengalaman dan ilmu yang saya peroleh selama dua minggu mempelajari modul 1.2, yaitu sebagai berikut :

-Mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia, yaitu thinking fast dan thinking slow. Sebagai seorang pendidik, kita mesti membiasakan diri untuk thinking slow supaya kita tidak terburu-buru dalam menilai dan memutuskan sesuatu.

- Lalu saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup.

-Materi selanjutnya tentang tahap perkembangan manusia secara psikososial menurut erik erikson, diharapkan dengan kita tahu psikososial di setaip tahap perkembangan manusia, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan peserta didik di setiap tahapan perkembangannya.

-Mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia, yaitu thinking fast dan thinking slow. Sebagai seorang pendidik, kita mesti membiasakan diri untuk thinking slow supaya kita tidak terburu-buru dalam menilai dan memutuskan sesuatu.

-Lalu saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup.

-Materi selanjutnya tentang tahap perkembangan manusia secara psikososial menurut erik erikson, diharapkan dengan kita tahu psikososial di setaip tahap perkembangan manusia, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan peserta didik di setiap tahapan perkembangannya.

-Materi selanjutnya tentang tahap perkembangan manusia secara psikososial menurut erik erikson, diharapkan dengan kita tahu psikososial di setaip tahap perkembangan manusia, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan peserta didik di setiap tahapan perkembangannya.

-Materi berikutnya tentang nilai dan peran guru penggerak. Ada 5 nilai dan 5 peran yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak.

d. . Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya akan berusaha menerapkan beberapa hal berikut :

-Dalam rangka mengembangkan diri, maka saya akan mengikuti seminar atau diklat yang akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi saya sebagai pendidik dalam hal ini sebagai Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya, dan sebagai Guru pada umumnya secara mandiri.

-Menerapkan budi pekerti peserta didik dengan menerapkan budaya 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan dan santun.

-Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan dengan diskusi presentasi serta menggunakan media pembelajaran yang menarik.

-Menerapkan pembelajaran didalam dan luar ruangan yang penting murid nyaman.

-Berkolaborasi dengan guru lain dalam rangka merencanakan pembelajaran yang menyenangkan serta kegiatan sekolah lainnya..

-Berkolaborasi dengan guru mapel lain dalam kegiatan apapun demi kemajuan sekolah.

-Berkolaborasi dengan waka kurikulum tentang tugas kurikulum terkait fungsi dan peran saya sebagai staff kurikulum demi kemajuan sekolah.

-Berkreasi dan berinovasi dalam membuat media pembelajaran

Semoga bermanfaat, salam guru penggerak.






Komentar

Postingan populer dari blog ini