Jurnal Refleksi model 4F
modul 2.2 (Pembelajaran Sosial dan Emosional)
Siti Munawaroh, S.Pd.I
Guru SD 1 Kaliyoso
CGP Angkatan 7 Kabupaten Kudus
Salam dan Bahagia
Kurang lebih sudah 7 bulan sudah saya mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak. Sedikit banyak saya mulai merasakan berubahan positif terjadi pada diri saya. Seperti saat mempelajari modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Materi dan kegiatan pada modul ini mengajarkan bagaimana mengelola kekuatan dan aset yang dimilki sekolah untuk mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid. Berikut saya mencoba berbagi penglaman saya dalam mempelajari modul 3.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional menggunakan menggunakan model 4F (Facts, Feeling, Finding, Future).
1. Facts (Peristiwa)
Selasa, tanggal 2 Mei 2023 - Mulai dari diri dan Ekplorasi konsep
mandiri dimulai dengan mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi
ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. CGP diminta
untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang
pengetahuan awal Anda tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam
pengelolaan sumber daya sekolah. Disamping itu CGP juga diminta mengisi 11
komentar pada kegiatan ekplorasi konsep – forum diskusi.
Rabu, 3 Mei 2023 adalah jadwal Ekplorasi konsep - forum diskusi. Di menu
ini CGP diminta untuk melihat ulang jawaban dari pertanyaan pemantik
sebelumnya. Selanjutnya CGP diminta menjawab pertanyaan yang disajikan. Selanjutnya
CGP diminta untuk menanggapi 2 studi kasus dengan cara menghubungkan dengan
materi pendekatan berbasis masalah dan pendekatan berbasis aset, serta
Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.
Kamis, 4 Mei 2023 – Ruang Kolaborasi pertama. Setelah sebelumya kami diminta untuk berbagi dalam kelompok. kelompok tersebut terdiri atas 3-4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru dari SD yang berdekatan. Selanjutnya kami menentukan SD mana yang akan diidentifikasi asetnya.
Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap
kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya
dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya untuk dipresentasikan pada
keesokan harinya.
Jumat, 5 Mei 2023 adalah jadwal ruang kolaborasi babak kedua. Disini kami mempresentasikan hasil diskusi tentang aset yang ada didaerah kami secara bergantian. CGP dari kelompok lain menanggapi dengan memberian saran atau bertanya untuk memperbaiki hasil diskusi yang sudah dipresentasikan. Kegitan ditutup dengan mengunggah hasil diskusi ke LMS.
Senin dan Selasa, 8 dan 9 Mei 2023 saatnya Demonstrasi Kontekstual.
Dalam sesi ini kami diminta untuk menganalisis tentang visi dan prakarsa
perubahan dari tayangan video praktik baik yang disajikan. Identifikasii yang
CGP lakukan disajikan dalam kegiatan- kegiatan yang berhubungan dengan
masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada. Dari
tayangan video tersebut akhirnya CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin
pembelajaran yang ada dalam video.
Linknya : https://youtu.be/cPK0w5Lt7Ww
Jumat, 12 Mei 2023 adalah jadwalnya Koneksi Antar Materi. Dalam koneksi
antar materi ini saya diminta membuat kesimpulan tentang apa yang dimaksud
dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda
bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar
sekolah. Di koneksi antar materi ini saya juga diminta pengkaitkan hubungan
materi pada modul 3.2. dengan modul – modul sebelumnya.
Linknya : https://youtu.be/4KexecPTtLE
Senin,15 Mei 2023 saatnya aksi
nyata. Disini saya diminta untuk mengidentifikasi secara kolaboratif bersama
warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.
Saya juga diminta untuk melampirkan beberapa dokumen seperti: notulen pertemuan
(mencakup siapa yang berbicara dan ide yang disampaikan, berikut kesimpulan
pertemuan), foto proses pertemuan hasil pemetaan aset.
2. FEELING (PERASAAN)
Setelah saya mempelajari modul 3.2. ini saya merasa senang karena menjadi orang yang beruntung dan bisa bergabung dalam komunitas yang seindah ini. Karena melalui kegiatan ini saya jadi tahu bagaimana menjadi pemimpin yang mampu mengelola Sumber Daya yang ada di sekolah. Hal ini ridak hanya berguna bagi saya, namun berguna juga bagi murid, teman sejawat, kepala sekolah dan orang – orang di sekitar saya.
3. FINDING (PEMBELAJARAN) Banyak hal – hal positif yang saya temukan dan
pelajari dalam proses mengikuti pendidikan CGP utamanya di modul 3.2 ini. Karena
di modul ini saya belajar apa itu sekolah sebagai sebuah ekosistem, pendekatan
berbasis kekurangan dan kelebihan, pendekatan ABCD, mengetahui karakteristik
komunitas yang sehat, dan bagaimana mengelola aset – aset dalam sebuah
komunitas. Dari beberapa materi ini saya belajar bagaimana mengelola kekuatan
atau aset yang dimiliki sebuah komunitas dalam satu ekosistem yang mampu
memberdayakan komunitas itu sendiri.
4. FUTURE (PENERAPAN)
Setelah Setelah mempelajari
keterampilan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, kedepannya saya akan
mencoba menerapkan dalam situasi nyata yang saya temukan saat saya menjalankan
tugas sebagai pendidik. Bukan hanya untuk saya tapi saya akan menularkannya
pada murid, teman sejawat, kepala sekolah dan orang – orang disekitar saya.
Selanjutnya setelah saya mampu menerapkannya dalam situasi nyata saya akan
melakukan refleksi dan kolaborasi untuk terus meningkatkan keterampilan saya
dalam mengelola sumber daya yang dimiliki komunitas meskipun saat ini saya
belum menjadi pemimpin komunita stersebut. Demikian refleksi dari perasaan saya
selama mempelajari modul 3.2 yang coba saya ungkapkan dalam jurnal ini. Semoga
jurnal ini dapat mengispirasi dan dapat memberikan manfaat orang lain.
Terima Kasih.
Komentar
Posting Komentar