LOKAKARYA 6
Kegiatan lokakarya 6 merupakan kegiatan yang
selalu ditunggu-tunggu oleh CGP karena bisa bertatap muka dalam menjalankan
diskusi terkait aset yang dimiliki oleh sekolah.
- Feeling (Perasaan yang dialami)
Perasaan saya setelah melaksanakan kegiatan
pada minggu ini, saya merasa bersyukur bisa belajar dan berbagi melalui
pendidikan guru penggerak, bangga bisa berdiskusi dengan CGP dan
Pengajar Praktik. Selain itu saya sangat bersemangat karena mendapat dukungan
dari keluarga, rekan guru maupun kepala sekolah. Minggu ini adalah minggu yang
ditunggu-tunggu oleh setiap CGP karena ada lokakarya. Di sana kami
berkolaborasi, bertukar pikiran terkait aset yang ada di sekolah.
Sedih pada modul akhir ini menandakan kegiatan
PGP akan berakhir.
- Finding (Pembelajaran yang Didapat)
Peran guru tidak hanya sekedar mengajar atau
memerintah murid, namun memiliki peran yang lebih besar yaitu mengajak murid
untuk ikut peran serta secara aktif dalam membuat sebuah program
kelas,merencanakan,melaksanakan,serta melakukan evaluasi program. Guru harus
memberikan kesempatan yang sama kepada murid dalam hal mempromosikan
suara (voice), pilihan (choise), serta
kepemilikan (ownership) di kelas. Guru hanya bertugas
melakukan pendampingan serta mengurangi kontrol kepada murid.
Mengembangkan ide menjadi sebuah prakarsa
perubahan dalam bentuk rencana prgram atau kegiatan yang memanfaatkan model
manajemen perubahan BAGJA dalam mengelola sekolah yang berdampak pada murid.
Bentuk program dan strategi memilih bentuk program yang efektif dan sesuai
dengan kebutuhan aspek-asepk dalam mengembangkan program dan manajemen resiko
dan mengelola resiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran
murid serta prinsip monitoring, evaluasi dan implementasi dalam pengelolaan
program. Pengelolaan program yang berdampak pada murid tentang bentuk program
sekolah sederhana dan membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada
murid serta dalam pengelolaan program dengan strategi MELR dan manajemen resiko.
- Future (Penerapan ke Depan)
Langkah yang harus saya lakukan sebagai
seorang guru di sekolah adalah mengajak rekan guru, kepala sekolah, dan wali
murid untuk saling berkolaborasi mewujudkan kepemimpin pembelaajaran yang
berdampak pada murid. Saya harus melakukan identifikasi 7 kekuatan aset yang
dimiliki oleh sekolah. Diantaranya modal manusia, modal fisik, modal
sosial, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, serta
modal agama dan budaya. Kemudian perlu merencanakan program yang berdampak pada
murid dengan tahapan BAGJA, menerapkan manajemen resiko dan mengelola resiko
menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid, dan melakukan
monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan program. Hal itu diwujudkan
dalam aksi nyata untuk melakukan peubahan kecil ke arah yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar